Trik Pilih Developer Perumahan Syariah di Malang

Rumah Dijual - Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, bisnis perumahan di Kota Malang terus berkembang. Salah satunya perumahan syariah di Malang, dengan berbagai keunggulan yang dapat dirasakan setiap pembeli.

Berhubung pembelian rumah syariah lebih banyak melibatkan developer, maka ada baiknya Anda lebih berhati-hati. Pastikan untuk memilih yang terbaik, dengan menerapkan trik berikut ini.

6 Trik Pilih Developer Perumahan Syariah di Malang

Pembelian rumah dengan sistem syariah, memang tidak melibatkan perbankan. Kebanyakan ditangani langsung oleh pengembang. Terkadang, ada celah bagi orang tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan terhadap pembeli. Sebelum itu terjadi pada Anda, coba pakai trik ini saat memilih developer.

l  Survei

Lakukan survei secara detail pada beberapa developer yang menyediakan perumahan syariah tersebut, jangan hanya fokus pada satu developer saja. Cek track record mereka, mulai dari lama berdiri sampai tanggapan konsumen yang sudah pernah membeli rumah dari mereka.

Ini bisa dijadikan tambahan informasi, sebelum Anda memilih pengembang yang tepat. Tapi, masih ada trik lain yang perlu dilakukan selanjutnya.

l  Pastikan Izin dan Lokasi Kantor

Ketika melakukan survei, pastikan juga bahwa kantor dari pengembang itu punya izin yang jelas sesuai peruntukannya, lokasi kantor strategis dan mudah dijangkau. Tak sedikit pengembang abal-abal yang hanya menyewa kantor untuk waktu tertentu, khusus untuk mencari pembeli saja.

Apalagi jika Anda mendapatkan informasi pengembang melalui internet, sangat perlu untuk melakukan cross check alamat di dalam situs mereka. Apakah benar-benar ada atau hanya fiktif belaka.

l  Cek Rumah

Anda juga perlu melakukan pengecekan lokasi rumah yang akan dibeli. Apakah memang benar terdapat pembangunan hunian dengan sistem syariah atau tidak. Informasi ini bisa didapat melalui berbagai cara, seperti langsung cek ke lokasi tersebut dan meminta informasi RT atau RW setempat.

l  Rumah Siap Huni

Sebaiknya Anda memilih rumah yang sudah dibangun dan siap huni, ketimbang membeli rumah yang dalam tahap pembuatan. Gunanya, untuk menghindari penipuan yang marak terjadi. Jika hanya membeli tanah, bisa saja Anda ditipu setelah transaksi dimana proses pembangunan tidak dilanjutkan oleh pengembang.

l  Legalitas Rumah

Ini juga tidak kalah penting, Anda wajib melihat dan membuktikan legalitas rumah tersebut. Jadi, saat sudah melakukan transaksi tidak ada masalah yang akan timbul akibat dokumen legalitas yang tidak lengkap.

l  Libatkan Saksi

Ketika melakukan transaksi jual beli bersama developer, pastikan untuk melibatkan saksi ahli yang mengerti masalah akad jual beli rumah. Sehingga Anda tidak terjebak dalam akad yang merugikan Anda. Misalnya saja ahli konstruksi dan notaris jual beli tanah dan bangunan.

l  Murah Bukan Segalanya

Jangan tergiur untuk membeli rumah murah, karena murah bukanlah segalanya. Anda juga perlu mempertimbangkan keamanan dan melakukan berbagai trik di atas.

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Rumah Syariah?

Untuk membeli rumah syariah, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal. Pertama adalah kesiapan Anda soal finansial, ketika tabungan sudah mencukupi untuk membeli tunai maka saat itulah yang paling tepat untuk membeli rumah. Sebaiknya hindari membeli dengan sistem kredit ya!

Waktu selanjutnya yang tergolong tepat adalah, ketika Anda ingin berumah tangga dan memulai hidup mandiri. Belilah rumah yang nyaman menurut Anda, tidak perlu besar bukan?

Jadi, sangat penting untuk menerapkan trik jika ingin beli hunian di perumahan syariah di Malang melalui developer. Hindari penipuan dan dapatkan rumah impian Anda tanpa ribet dan tanpa masalah yang akan memberatkan Anda di masa depan dan akhirat nanti. Untuk informasi anda bisa menghubungi kami atau anda juga bisa melihat tipsnya di website kami

LihatTutupKomentar