Beli Rumah di Perumahan Syariah Murah di Malang, Via KPR Atau Developer?

Rumah DijualMembeli rumah syariah di perumahan syariah murah di Malang banyak caranya.  Bisa dengan memanfaatkan pengembang perumahan atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tapi, manakah jalur pembelian yang lebih nyaman dan aman?

Di Indonesia, tren pembelian rumah dengan sistem syariah memang sedang naik daun. Bahkan tercatat beberapa tahun terakhir terjadi lonjakan hingga 11 persen setiap tahunnya. Prediksi sejumlah pengamat, pertumbuhan akan terus terjadi di tahun-tahun berikutnya.

1. Beli Rumah Syariah Via KPR

Jika akan menggunakan jalur pembelian KPR ada beberapa yang perlu diperhatikan. Coba Anda cermati, lalu pastikan paham semuanya sehingga saat akan membeli bisa lebih nyaman dan prosesnya lancar.

l  Jenis KPR

Ada dua jenis KPR syariah yang bisa dipilih, pertama namanya murabahah dimana akan ada pengaturan uang muka hingga margin pembiayaan yang harus dipatuhi.

Contohnya, ketika Anda ingin membeli rumah yang harganya mencapai Rp. 200 juta rupiah. Lalu disepakati bahwa uang muka yang harus dibayar adalah 20 persen atau Rp. 40 juta. Kemudian, pihak bank akan melunasi sisanya dan Anda akan membayar dengan cara mencicil sesuai tenor yang sudah disepakati.

Kedua adalah Musyarakah Mutanaqishah, yaitu akad jual beli dengan sistem bagi hasil antara pemberi KPR dengan pembeli.

l  Bank yang Menyediakan KPR Syariah

Saat ini, sejumlah bank di Indonesia sudah memiliki produk KPR dengan sistem syariah. Ada yang sejak awal berdiri sudah menggunakan sistem menabung syariah, tapi ada juga bank konvensional yang menambahkan produk syariah pada layanannya.

Beberapa diantaranya adalah BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, dan BRI Syariah.

l  Persiapan Syarat

Untuk mengajukan permohonan, Anda butuh mempersiapkan sejumlah syarat yang umum dibutuhkan saat ingin beli rumah KPR. Jadi, tidak akan sulit untuk melengkapi semua syarat tersebut. Diantaranya dokumen identitas, dokumen finansial, dan usia yang dibatasi minimal 21 tahun.

l  Kenyamanan

Kenyamanan juga cukup dirasakan, sebab membeli melalui KPR syariah tidak ada bunga yang besar dan fluktuatif seperti saat membeli secara konvensional.

2. Beli Rumah Syariah di Perumahan Syariah Murah di Malang Via Developer

Perbedaan signifikan pembelian rumah syariah developer dengan KPR, terletak pada keterlibatan perbankan. Dimana developer langsung jadi tangan pertama yang menjual rumah kepada pembeli. Hal yang perlu diperhatikan adalah:

l  Kelebihan

Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan, ketika Anda memilih pengembang sebagai media pembelian rumah syariah adalah pembiayaan cicilan bulanan akan berada pada kondisi stabil hingga akhir masa tenor. Alasannya, proses transaksi tidak bergantung pada suku bunga Bank Indonesia seperti halnya KPR.

Selanjutnya adalah tidak ada penyitaan rumah setelah transaksi jual beli, hal ini berdasarkan kesepakatan antara developer dan pembeli. Kemudian soal denda tidak akan diterapkan ketika pembeli sistem cicilan telat membayar cicilan. Yang ada hanyalah kesepakatan pembayaran cicilan yang tepat hingga tuntas.

l  Harga Relatif Murah

Jika Anda beruntung, bisa mendapatkan developer terpercaya yang akan memberikan harga terbaik dari rumah sistem syariah. Tapi, tetap dengan fasilitas dan kenyamanan maksimal dari rumah tersebut.

l  Via Online

Saat ini sudah banyak pengembang yang menawarkan produknya melalui sistem online. Jadi, lebih mudah untuk mencari pengembang yang tepat. Walaupun perlu penelusuran maksimal agar tidak tertipu oleh developer abal-abal.

Sudah tak sabar untuk membeli rumah dengan sistem syariah di perumahan syariah murah di Malang? Anda bisa menghubungi kami atau anda bisa cek tips cara memilih perumahan yang benar dan aman. Dijamin aman dan puas dengan rumah impian yang akan Anda dapatkan.

LihatTutupKomentar